Home » , » Manfaat Positif Dari Game Anak?

Manfaat Positif Dari Game Anak?

Game untuk anak ternyata tak selalu berdampak buruk pada buah hati anda asalkan anda selalu memberikan game yang bersifat mendidik dan anda haruslah mendampingi serta mengatur waktu untuk bermain game tersebut.

Menurut pakar psikolog Evangeline I. Suaidy, MSi, menjelaskan bahwa sebaiknya anda jangan melarang anak untuk bermain game. Sebab dalam batas normal dan seimbang, game permainan punya dampak positif untuk anak. Berikut ini manfaat positif game terhadap anak menurutnya:

Melatih logika
Saat bermain game, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan. hal ini dapat melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi

Melatih kemampuan spasial
Melalui game permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan juga akan membantu penggunaan motorik halus anak.

Kemampuan membaca
Bagi anak yang belum lancar membaca, game konsol bisa jadi alat yang tepat untuk membantu belajar membaca. Seperti di ketahui ada beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.

Stimulasi otak
Dalam game permainan ada yang bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal tersebut bisa membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka

Melatih kerjasama
Pada game permainan berpasangan, anak diajak untuk bisa berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan teman-temannya

Mengembangkan imajinasi
Permainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan postif)

Meningkatkan interaksi keluarga
Game anak tidak hanya bisa dimainkan oleh anak, tapi juga orang tua. Tak ada salahnya jika anda untuk sesekali bermain game bersama. Kebersamaan saat bersenang-senang ini bisa meningkatkan keakraban dan interaksi dalam keluarga.

Penggunaan bahasa Inggris
Salah satu game anak yang disukai adalah konsol dan game online. game ini banyak dibuat oleh perusahaan luar negeri yang mempergunakan bahasa Inggris. Saat memainkannya, diharuskan untuk menguasai bahasa Inggris agar bisa menyelesaikan permainannya. hal ini menjadikan anak secara tak langsung diharuskan untuk menguasai bahasa Inggris.
(sumber)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger