Home » » Perbedaan Layar AMOLED Dan LCD

Perbedaan Layar AMOLED Dan LCD


Meskipun telah akrab terdengar di telinga kita tentang layar ponsel yang menggunakan teknologi AMOLED dan LCD, tetapi pasti banyak yang belum tahu perbedaan antara layar AMOLED dan LCD. Berikut perbedaan Antara AMOLED dan LCD yang di kutip dari digiltal trends:

Layar AMOLED
Teknologi layar seperti ini sebenarnya sudah lama ada, AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode terbuat dari lapisan polimer organik tipis yang menyala ketika dialiri listrik. Karena konstruksinya yang sederhana, layar AMOLED bisa dibuat sangat tipis dan teknologi jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibanding LCD diantaranya tidak memerlukan lampu backlight dan memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi. AMOLED memiliki struktur pixel yang disebut "pentile display" di mana dua sub-pixel merah dan biru berukuran lebih besar dan ditempatkan diantara dua sub-pixel berwarna hijau yang berukuran normal. Sehingga AMOLED susunan pixel-nya menjadi' Red-Green-Blue-Green (RGBG), bukan Red-Green-Blue seperti pada LCD.
- Kelebihan layar AMOLED: karena menggunakan "pentile display" maka layar AMOLED bisa dibuat seterang layar konvensional dengan hanya sepertiga jumlah sub-pixel yang biasanya diperlukan.
- Kekurangan layar AMOLED: karena ukuran sub-pixel merah dan biru yang lebih besar, layar jadi terlihat "grainy" atau tampak seperti memiliki resolusi rendah dan biasanya sulit dilihat di bawah pancaran cahaya matahari langsung.

Smartphone yang menggunakan layar AMOLED diantaranya Nokia Lumia 900, Samsung Galaxy S dan HTC One S.

Layar LCD
LCD menggunakan medium kristal cair yang diselipkan diantara beberapa panel kaca atau material transparan lain. LCD mampu mereproduksi warna dengan sangat realistik, tetapi memerlukan lampu penerang tambahan (backlight) karena tidak menghasilkan cahaya sendiri seperti AMOLED. Jika dilihat dari jarak sangat dekat, tampak unit-unit pixel berwarna merah, hijau, dan biru yang menyusun tampilan gambar pada layar LCD. Ada beberapa LCD yang menggunakan teknologi In-Plane Switching atau IPS untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan sudut pandang optimal yang lebih luas.
- Kelebihan LCD: mampu mereproduksi warna dengan sangat realistik
- Kekurangan: memerlukan lampu penerang tambahan (backlight) karena tidak menghasilkan cahaya sendiri.

Hampir semua ponsel menggunakan layar jenis ini tetapi smartphone yang menggunakan teknologi IPS diantaranya  iPhone 4S.

Dengan mengetahui perbedaan antara layar AMOLED dan LCD tersebut, tentu kita tidak akan bingung lagi untuk menentukan pilihan bila akan membeli sebuah smartphone atau gadget yang lainnya, yang jelas AMOLED dan LCD mempunyai kelebihan dan kekurangan, jadi keputusan tetap ada di tangan anda saat akan membeli gadget tersebut
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger