Home » , » OS Android Kini Lebih Berbahaya

OS Android Kini Lebih Berbahaya


Kepopuleran Android sebagai OS mobile ikut mengundang bahaya. Kaspersky Lab telah mengumumkan bahwa jumlah ancaman untuk keamanan OS Android meningkat sampai dengan tiga kali lipat di kuartal kedua tahun 2012. Seperti kita ketahui pada kuartal pertama 2012 Kaspersky lab telah mencatat kemunculan malware baru sebanyak 5,441 yang menyasar platform Android tersebut. Kemudian kuartal berikutnya, terjadi kenaikan tajam menjadi 14,923 malware baru. Jika dibandingkan dengan kuartal ketiga 2011, jumlah tersebut 15 kali lebih banyak.

Sekitar 25% malware Android yang ditemukan Kaspersky di perempat tahun kedua 2012 ini terdiri dari malware jenis trojan SMS yang digunakan untuk mencuri uang dari pengguna. Modusnya adalah dengan mengirim SMS bertarif premium tanpa sepengetahuan yang mempunyai perangkat tersebut. Dan sebanyak 18% lainya merupakan malware jenis backdoor yang memungkinkan pembuatnya bisa mengontrol perangkat Android korban.

"Untuk saat ini hanya 2% ancaman Android terdiri dari jenis Trojan Spy, tetapi itu merupakan yang paling berbahaya karena dapat memberi akses ke rekening bank korban," tulis Kaspersky dalam laporannya.

Kaspersky memperkirakan bahwa pertumbuhan angka malware di Android tak akan menurun. Tetapi malah sebaliknya, di masa depan, akan muncul malware "yang lebih efektif dan berbahaya" yang akan mengincar pengguna Android.

Dipredisikan bahwa para penjahat cyber akan segera beralih ke metode serangan yang lebih personal. "Tujuan utama malware tersebut adalah mencuri data rahasia guna membobol kartu kredit korban." Untuk meminimalisir malware tersebut, disarankan para pengguna Android untuk menginstal antivirus android dan selalu meng-updatenya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger