Home » , » Awas, Download Dan Upload Bisa Di Hukum

Awas, Download Dan Upload Bisa Di Hukum

Bagi hampir semua orang pasti akan merasa senang jika bisa mendownload file baik mp3, video maupun yang lain dan juga pasti akan senang kalau bisa mengunggah lagu-lagu maupun video secara bebas.

Tetapi hal tersebut tidak berlaku di Jepang, pasalnya Negri Sakura tersebut belum lama ini telah mengesahkan undang-undang tentang hak cipta dan didalam UU tersebut dinyatakan bahwa siapapun yang mengunduh data yang memiliki hak cipta secara ilegal harus berhadapan dengan hukuman maksimal dua tahun penjara atau hukuman maksimal dua juta yen. Sedangkan bagi yang mengunggah data seperti lagu dan video musik yang memiliki hak cipta, diancam hukuman maksimal sepuluh tahun penjara dan ganti rugi sepuluh juta yen.

Sebenarnya pada tahun 2010 yang lalu sudah ada pelarangan tentang mendownload maupun mengupload file yang memiliki hak cipta secara ilegal, tetapi belum ada sangsi yang dikenakan.

Seperti diketahui bahwa Jepang merupakan Negara dengan pasar musik kedua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. Pembajakan ilegal meliputi pengunggahan dan pengunduhan data ilegal di Negara Matahari terbit tersebut memang telah menjadi masalah yang berlarut-larut. Asosiasi Industri Rekaman Jepang mengungkapkan, pengunduhan data ilegal mengalahkan pengunduhan ilegal (membeli).

Pada tahun 2010 saja  jumlah data (musik dan video) yang diunduh secara ilegal berjumlah 4,36 miliar, sementara yang diunduh legal hanya 440 juta. Akhirnya dengan adanya hukuman bagi para pengunggah dan pengunduh data ilegal tersebut disetujui oleh Negara itu.  Hukum terbaru ini pun disambut berbagai kritik.di antaranya menekankan usaha-usaha seperti merilis hukum tersebut harus dijalankan konsisten untuk benar-benar menghentikan para pengguna internet melakukan kegiatan ilegal.

Dengan adanya hukum tentang hak cipta yang sudah berlaku di Jepang sejak bulan Juni lalu tidak menutup kemungkinan akan menjalar ke Negara lainnya termasuk Indonesia.
(sumber: Antara)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger