Home » , , » Cara Mengatahui Aplikasi Asli Atau Palsu Di Google Play

Cara Mengatahui Aplikasi Asli Atau Palsu Di Google Play

Bagi pemilik gadget berbasis android tentu gak akan asing lagi dengan  Google Play Store. namun tahukah kamu dengan seiring berkembangnya popularitas android membuat  Google Play Store rawan akan kejahatan cyber. tidak sedikit para pengembang aplikasi yang mempunyai niat jahat yang aplikasinya telah berada di  Google Play Store. untuk itu, sebagai pengguna android hendaknya mengetahui cara mendeteksi apakah aplikasi yang di unduh lewat  Google Play Store itu berbahaya atau tidak.

Berikut tips cara mengetahui aplikasi yang aman dari program jahat:
- Reputasi pengembang aplikasi (developer)
Sebelum mengunduh aplikasi hendaknya kamu melihat siapakah developer aplikasi tersebut. Jika aplikasi itu dirilis oleh developer yang sudah punya nama, mungkin Anda tidak perlu khawatir.

- Rating aplikasi
Semakin populer sebuah aplikasi, maka semakin tinggi rating aplikasi tersebut. hal ini bukan berarti aplikasi itu aman karena dulu pada awal Februari 2012 lalu, ada developer tak dikenal yang memasukkan aplikasi Instagram di Google Play (dulu masih bernama Android Market). Tentu ini bukan Instagram yang sebenarnya, karena Instagram baru tersedia untuk Android pada 3 April. Aplikasi itu dengan cepat mendapat rating 5 bintang. jadi jangan terlalu percaya dengan aplikasi baru yang cepat mendapat rating.

- Permintaan mengakses data pribadi
Yang harus di perhatikan dan patut waspada jika ada aplikasi sederhana namun ia meminta izin hak akses untuk sejarah browser, akun GMail, kontak, akses internet, atau identitas telepon.

- Baca komentar
Sebelum mengunduh aplikasi ada baiknya membaca komentar para pengguna aplikasi tersebut yang lebih dulu menggunakannya. hal ini bisa dijadikan analisa apakah sebuah aplikasi itu bersih dari malware dan scam. Jika komentarnya banyak namun cenderung sama atau tata bahasanya berantakan, hal ini perlu diperhatikan karena bisa jadi scammer yang melakukan itu atau si developer nakal sendiri yang mengomentarinya.

Semoga dengan mengetahui aplikasi asli atau palsu di google play kita bisa selalu hati-hati sewaktu akan mengunduh sebuah aplikasi. Perlu diketahui bahwa sebelumnya sudah ada daftar aplikasi android yang berbahaya di google play.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger