Home » » Bagus Hp Android Atau iOS?

Bagus Hp Android Atau iOS?

Mungkin banyak orang yang tidak mengikuti perkembangan dunia mobile seperti smartphone atau ponsel pintar. Hal ini menyebabkan kesulitan bila ingin membeli handset terbaru tersebut dikarenakan sekarang ini ada banyak ponsel pintar yang menggunakan operating sistem atau sering disebut OS yang berbeda, sebagai contoh sekarang ini yang jadi populer yaitu OS Android dan iOS milik Apple. Kedua OS tersebut sama-sama ada kelebihan dan kekurangannya dari segi harga maupun cara pengoperasiannya. Berikut ini hal-hal yang harus anda ketahui sebelum menentukan untuk membeli ponsel pintar dengan OS Android dan iOS:

Icon Menu
Mungkin yang sudah terbiasa menggunakan papan ketik QWERTY akan kesulitan dalam mengoperasikan menu dengan menggunakan smartphone yang sekarang ini sebagian besar menggunakan layar touchscreen. Hal tersebut juga akan tambah sulit lagi ketika pengguna tersebut harus dihadapan dengan perangkat berbasis Android. Kenapa bisa demikian?

Mungkin bagi orang yang telah terbiasa dengan Android tidak akan mendapatkan masalah, namun bagi yang belum terbiasa atau dengan kata lain seorang pemula, interface, menu dan sub-menu dalam Android akan sedikit membingungkan. Memang dari segi tampilan, perangkat iOS mempunyai kemiripan dengan Android, tetapi dari sisi pengoperasian para pengguna pemula tidak akan membutuhkan waktu cukup lama untuk beradaptasi dengan perangkat iOS ini. Karena Interface iOS dibuat sesimple mungkin supaya tidak membingunkan penggunanya. Jadi, untuk urusan interface dan icon menu di dalamnya, perangkat iOS masih unggul jika dibandingkan dengan Android.

Flash
Sekarang ini ada beberapa perangkat Android terbaru telah support untuk digunakan mengakses situs-situs dengan tampilan flash. Tetapi untuk perangkat Android lama jika untuk mengakses situs yang penuh dengan tampilan flash akan muncul notifikasi "Adobe Flash plug-in required." tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah besar karena penggunanya bisa mendownload lalu menginstal plug-in tersebut..

Tetapi tidak untuk perangkat iOS. Ketika pendiri Apple masih hidup, pernah mendeklarasikan kalau iPhone dan iPad adalah perangkat bebas flash. Oleh karenanya, pengguna perangkat iOS tidak bisa menampilkan flash, Untuk mendapatkan layanan flash ini, maka pengguna perangkat iOS harus melakukan jailbreak atau dengan cara menambahkan aplikasi lain agar Adobe Flash dapat support dengan perangkat iOS. Jadi untuk masalah flash, Android lebih unggul.

Keamanan
Para pakar IT pernah mengungkapkan bahwa Android lebih bagus dibanding iOS, tetapi secara logika dikarenakan operating system Android digunakan oleh banyak vendor, maka otomatis aplikasi di dalamnya juga dapat ditemui di mana saja. Hal tersebut membuka jalan bagi penjahat cyber untuk menyebarkan malware atau virus. Walaupun dikatakan bahwa keamanan iOS lebih buruk dari Android, tetapi pihak Apple hanya mengizinkan pengunduhan aplikasi atau game di satu tempat saja. Dengan sistem terpusat tersebut, pihak Apple juga dapat mengontrol aplikasi atau game mana saja yang tergolong berbahaya atau tidak di dalam 'toko onlinenya.'

Inovasi
Dikarenakan Apple memegang kontrol penuh untuk software dan hardwarenya, oleh karenanya aplikasi di dalam perangkat ini benar-benar sangat berkualitas. Namun mengesampingkan sisi kualitas, satu hal minus adalah kurangnya inovasi untuk setiap aplikasi di dalamnya. Berbeda dengan Android, pengembang operating system ini tidak dibatasi oleh Google sebagai pemegang kontrol tertinggi. Untuk hal ini Android masih unggul karena banyak aplikasi yang bisa di dapatkan. Memang sisi minusnya terdapat di sekuritasnya. Namun, dari beragamnya aplikasi yang dibuat oleh banyak orang dari berbagai negara, maka inovasi untuk Android seakan tidak pernah berhenti.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua OS diatas, maka anda dapat memilah-milahnya sendiri mana yang terbaik untuk anda jika anda hendak membeli ponsel pintar tersebut.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger