Home » , » Fitur Baru Pada Windows Phone 8

Fitur Baru Pada Windows Phone 8

Windows phone 8 atau sering juga disebut WP 8 adalah sebuah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang akan di gunakan pada ponsel dan merupakan generasi penerus Windows phone 7. Di WP 8 ini sudah terjadi banyak perubahan dibandingkan Wp 7. Untuk perubahan yang mendasar adalah Windows Phone 8 sudah mendukung penggunaan prosesor multi-core.

Perubahan Windows phone 8 yang lain adalah penggantian inti program (kernel) yang kini sudah memakai kernel yang sama dengan OS Windows 8 yang digunakan untuk komputer pribadi dan tablet. Jadi ponsel Windows Phone 8 bukan sekadar ponsel pintar yang bisa menjalankan berbagai aplikasi. Namun, ponsel Windows Phone 8 adalah sebuah "komputer" yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon.

Untuk mengetahui fitur baru apa saja yang ada dalam Windows phone 8, berikut ini beberapa perubahan yang di lakukan Microsoft terhapad WP 8:

1. Tampilan baru
Windows Phone 8 memiliki tampilan antarmuka bergaya Windows 8 seperti di PC yang punya ciri khas kotak-kotak seperti bentuk lantai, dan berwarna-warni.
Namun, ada sedikit perubahan tampilan di Windows Phone 8. Pertama. tampilan kotak-kotak itu akan memenuhi seluruh layar. Kedua, tampilan itu kini bisa diatur sesuka pengguna, apakah ukuran kotaknya ingin diperkecil atau diperlebar.

2. Menggunakan kernel Windows NT
Di Windows Phone 8, Microsoft memutuskan untuk tidak lagi menggunakan kernel Windows CE yang digunakan pada WP 7. Tetapi Windows Phone 8 akan menggunakan kernel Windows NT, sebuah kernel yang juga digunakan di sistem operasi Windows 8 untuk komputer dan tablet.

Dengan adanya perubahan ini, pengembang aplikasi Windows diharapkan mau membuat aplikasi untuk Windows Phone 8. Pengembangan aplikasi untuk Windows Phone 8 bisa dilakukan dengan beragam bahasa pemrograman.

3. Mendukung prosesor multi-core
Windows Phone 8 akan mendukung prosesor dual-core dan quad-core. Microsoft juga telah menyiapkan agar OS terbarunya ini stabil dalam hal kinerja dan daya tahan baterai.

4. Mendukung tiga resolusi layar
Windows Phone 8 mendukung tiga teknologi resolusi layar, yakni WVGA (800x480 pixel), WXVGA (1280x768 pixel) dan True 720p (1280x720 pixel).

5. Mendukung penambahan kartu memori eksternal
Ponsel Windows Phone 8 sudah tersedia slot MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan data dari 16GB hingga 64GB. Tidak seperti ponsel Windows Phone 7 yang tidak dapat menambah ruang penyimpanan data.

6. Browser Internet Explorer 10
Dalam aplikasi peramban (browser) Internet Explorer 10 (IE 10) di Windows Phone 8, kode-kode programnya hampir sama dengan IE 10 yang digunakan untuk komputer pribadi (PC). Dalam IE 10 di WP 8 sudah disertakan fitur keamanan yang dapat mendeteksi pencurian data online dan filter SmartScreen, yang siap memperingatkan pengguna untuk tidak mengunjungi situs berbahaya.

7. NFC dan 'dompet mobile'
Windows Phone 8 akan mendukung Near Field Communication (NFC) yang bisa menyediakan layanan "dompet" online untuk penggunanya, serta menawarkan pengalaman membeli suatu benda dengan ponsel pintar.

8. Peta digital
Windows phone 8 akan menggunakan peta digital Nokia Maps tidak seperti WP 7 yang masih menggunakan Bing Maps. Nokia Maps juga akan tetap ada pada ponsel lain di luar merk Nokia yang menggunakan Windows Phone 8.

9. Pembaruan software kamera
Windows Phone 8 menyediakan efek instan, dan fitur panorama yang menggunakan teknologi aplikasi Photosynth besutan Microsoft. Dalam Aplikasi kamera ini disertai dengan fitur modus burst, yang berfungsi untuk mengambil banyak foto tanpa henti dengan cara menahan tombol rana. Software kameranya dapat memberi rekomendasi foto terbaik. Tetapi, kemungkinan besar fitur ini hanya ada di ponsel Windows Phone kelas premium.

10. Dukungan penuh untuk Skype
Microsoft akan mengintegrasikan Voice Over Internet Protocol (VoIP) untuk melakukan panggilan atau menjawab panggilan dari aplikasi video call Skype.

11. Menangkap screenshot
Windows Phone 8 kini memiliki kemampuan untuk menangkap layar yang sedang aktif (screenshot), sesuatu yang sebelumnya tak ada di sistem operasi Windows Phone versi 7.
(sumber: kompas)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger