Home » , » Cara Mudah Cegah Malware Android

Cara Mudah Cegah Malware Android

Malware adalah program jahat yang akan selalu mengincar data pentingan yang ada di ponsel kita, terutama ponsel dengan sistem operasi Android. Hal ini dikarenakan sekarang ini Android telah menguasai pasar smartphone dimana sebaian besar pengguna smartphone beralih menggunakan OS tersebut. Dengan begitu para penjahat dunia maya tentu saja akan membuat Malware itu untuk mencari korbannya.

Dengan semakin banyaknya aplikasi Android yang beredar saat ini tentu saja tidak semuanya bebas dari Malware, untuk itu bagi anda yang tidak ingin menjadi korban dari penjahat tersebut hendaknya berhati2 dalam menjaga ponsel kesayangan anda dari pencurian data penting yang anda simpan dalam ponsel.

Berikut ini beberapa tips untuk melindungi ponsel Android dari Malware:
1. Sebelum mengunduh sebuah aplikasi, Hendaknya anda membaca terlebih dahulu review dari aplikasi yang akan Anda unduh, baik dari pihak pengembangnya maupun review dari pengguna atau komunitas.

2. Pelajari dan mengerti permissions yang ada dalam aplikasi yang muncul saat Anda akan mengunduhnya.

3. Gunakan passcode untuk memproteksi perangkat anda. Selain passcode, Anda juga perlu mengaktifkan fitur screen lock setelah beberapa menit dalam mode tidak aktif. Cara ini merupakan langkah paling dasar untuk memberikan pengamanan pada ponsel Anda.

4. Sebaiknya pasang anti-malware atau anti-virus pada perangkat Android yang Anda pakai. Carilah aplikasi anti-virus yang mampu membantu melindungi perangkat Android Anda dari malware.

5. Hati-hati dengan aplikasi yang mengaktifkan Geo-location. Karena aplikasi seperti itu mampu melacak lokasi keberadaan Anda.

6. Rooting smartphone Android anda. Dengan Rooting anda bisa menerobos sejumlah batasan yang diberikan vendor atau opsel dalam Android. Dengan begitu Anda akan bisa mengontrol semua bagian di perangkat Android yang Anda pakai.

Sebelum melakukan Rooting yang perlu anda ingat adalah dengan rooting akan mengorbankan garansi yang diberikan saat pembelian perangkat dan dengan rooting tersebut kemungkinan meningkatkan masuknya malware ke Android.

7. Jangan menggunakan WiFi publik yang tidak Anda kenali. Jaringan WiFi publik yang tidak Anda kenal bisa saja untuk mengakses perangkat Andrioid Anda. Ingat bahaya menggunakan jaringan Wifi publik.

8. Lakukan wipe atau reset to factory default saat anda memutuskan menjual perangkat Android yang Anda pakai. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya data pribadi yang tertinggal dalam perangkat.

9. Selalu update aplikasi yang anda instal pada ponsel. Jika Anda menolak untuk mengupdate, kemungkinan risiko terkena aksi peretasan akan semakin tinggi.

10. Hindari mengunduh aplikasi atau software dari sumber yang tidak Anda kenal.

Dengan beberapa cara mudah cegah malware Android diatas, maka ponsel android anda akan aman dari Malware yang akan mencuri data-data penting pada ponsel Anda.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger