Home » , » Sejarah Android Dari Masa Ke Masa

Sejarah Android Dari Masa Ke Masa

Mungkin hampir semua orang yang belum tahu akan mengira kalau sistem operasi atau OS Android merupakan ciptaan Google. Tetapi tahukah Anda bahwa Android itu ternyata bukan asli ciptaan Google?.Terus siapa pencipta Android yang sebenarnya? Untuk mengetahuinya, berikut ini sejarah Android dari masa ke masa:

Kata "Android" berasal dari nama sebuah perusahaan dari Palo Alto, California bernama Android Inc. Perusahaan ini didirikan oleh Andy Rubin (Co-Founder Danger), Rich Miner (Co-Founder Wildfire Communications Inc), Nick Sears (VP T-Mobile), dan Chris White (Pimpinan desain dan Interface Development di WebTV) pada tanggal 22 Oktober 2003

Tahun 2005
Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc termasuk semua orang yang ikut dalam pengembangan awal Android SDK masuk dalam satu paket pembelian Android Inc tersebut. Tak terkecuali termasuk pendiri-pendiri Android Inc. Pada awalnya Google hanya ingin mengembangkan Android SDK saja.

Tahun 2007
Tetapi, seiring dengan waktu berjalan, rumor telah banyak beredar bahwa Google mempunyai rencana untuk masuk ke dunia mobile yang saat itu masih dikuasai oleh Symbian dan Windows Mobile. Akhirnya sekitar awal tahun 2007 semua rumor tersebut terjawab dengan terciptanya prototype operating system Android yang bisa berjalan hampir di semua handset dan PDA serta jaringan operator.

Pada September 2007, Google diketahui telah mempatenkan beberapa aplikasi untuk perangkat handset. Di tahun ini pula Google bersama-sama dengan anggota generasi pertama Open Handset Alliance (OHA) lainnya seperti HTC, Sony, Qualcomm, Dell, Intel, Motorola, Texas Instruments, T-Mobile, Sprint Nextel, Samsung Electronics, LG Electronics, Nvidia dan Wind River Systems mencoba mengembangkan Open Standards atau Open Formats untuk perangkat mobile. Dikarenakan banyak perusahaan besar yang bergabung, akhirnya pada tanggal 6 November 2007, Open Handset Alliance (OHA) resmi berdiri.

OHA tersebut diketuai oleh Google dan telah mempunyai sebanyak 34 anggota yang terdiri dari vendor handset, pengembang aplikasi, perusahaan pencipta chip serta perusahaan mobile carrier lainnya. OHA sepakat untuk mengembangkan Android untuk lebih baik lagi supaya bisa bersaing dengan platform mobile lain seperti iOS, Windows Mobile, Symbian dan Bada.

Di tahun 2007 itu juga, akhirnya Android SDK dalam format pertama berhasil diciptakan. Dalam aturan OHA yang wajib dipatuhi oleh semua anggota adalah dalam menciptakan sebuah perangkat handset, setiap anggota tidak boleh saling berkompetisi agar ekosistem Android dapat kondusif. .

Tahun 2008
Pada tanggal 22 Oktober 2008 Google bekrjasama dengan HTC merilis perangkat handset pertama berbasis Android 1.0 yang bernama HTC Dream (T-Mobile G1) untuk kawasan Amerika Serikat. Tetapi penjualan handset tersebut kurang laku dikarenakan belum banyak yang mengenal perangkat berbasis Android,

Pada waktu itu, Untuk mendongkrak pasar, Google menjalin kerjasama dengan  The Astonishing Tribe (TAT) yang merupakan perusahaan desain interface asal Swedia. Namun dikarenakan pada waktu itu TAT juga bekerja sama dengan Resarch In Motion (RIM) dalam penggarapan interface BBX platform untuk BlackBerry, Google akhirnya mengakhiri kerjasamanya tersebut dan mencoba mengembangkan sendiri interface setiap versi Android miliknya.

Tahun 2009
Pada tanggal 9 Februari 2009, Android 1.1 lahir. Dalam versi ini, Google telah memperbaiki celah sekuritas, bugs dan menambahkan banyak fitur serta mendesain ulang interfacenya. Android 1.1 adalah operating system update untuk perangkat G1 saja. Petit Four adalah nama lain dari Android 1.1, namun nama ini tidak dirilis secara resmi. Kemudian pada tanggal 30 April 2009, Google kembali merilis update terbaru untuk Petit Four yaitu Android 1.5 atau yang dinamakan Cupcake. Operating system berbasis Linux Kernel 2.6.27 ini merupakan OS pertama yang resmi menggunakan nama makanan. Untuk Cupcake ini, Google telah mengembangkan banyak hal seperti penambahan fitur baru dan perbaikan User Interface (UI).

Di tahun yang sama, Google kembali merilis Android 1.6 SDK dengan nama lain Donut pada tanggal 15 September 2009. Operating system yang menggunakan Linux Kernel 2.6.29 ini lebih mumpuni dibanding dengan versi 1.5 karena terdapatnya segudang fitur baru yang menarik di dalamnya. Tidak hanya itu saja, Donut juga support dengan CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs dan resolusi layar QVGA, HVGA, WVGA, FWVGA, qHD dan 720p.

Berselang 1 bulan, Google kembali merilis Android 2.0 dengan nama produk Eclair yang masih menggunakan Linux Kernel 2.6.29 pada tanggal 26 Oktober 2009. Pada tanggal 3 Desember 2009, Eclair v2.0.1 dirilis dan tidak seberapa lama Google juga merilis Eclair v2.1 pada tanggal 12 Januari 2010. Setelah merilis Eclair, Google meluncurkan banyak versi Android baru.

Tahun 2010 sampai saat ini
Dari tahun 2010 sampai bulan Juli 2012 silam, Google telah merilis 6 antara lain Android 2.2.x Froyo, Android 2.3.x Gingerbread, Android 3.x Honeycomb, Android 4.0.x Ice Cream Sandwich dan yang paling baru adalah Android 4.1.x Jelly Bean.

Setelah merilis Jelly Bean, terdapat beberapa rumor yang mengatakan bahwa Google sedang mengembangkan Android versi baru bernama Key Lime Pie bekerjasama dengan LG.
(sumber: Wikipedia, The Verge, Mashable, McCleans, Tech2Crack, Eetimes, Bloomberg,Techcrunch)
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Contact | About Us | Privacy policy
Copyright © 2013. Hp pilihan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger